Boltim

Sebanyak 79 Kepala Desa Beserta Perangkat Se-Kabupaten Boltim Ikuti Bimtek

MANADO, SulutEkspos.com – Sebanyak
79 Kepala Desa (Sangadi) se-Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), ikuti pelatihan Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa.

Agenda berlangsung di Hotel Peninsula Manado Kamis (21/9/2023).

Kegiatan yang digelar oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jendral Bina Pemerintah Desa dibuka oleh Inspektur Jendral (Irjen) Kemendagri Tomsi Tohir Balaw yang mewakili Mentri Dalam Negri, via Zoom.

Dalam Sambutanya, Tomsi mengatakan pentingnya Bimtek ini guna memperoleh pengetahuan dan skil dalam menunjang tugas, tanggung jawab untuk mewujudkan Desa yang maju, mandiri dan sejahtera.

Lebih lanjut ia menyebutkan melalui pelatihan peningkatan kapasitas aparatur desa dapat meningkatkan kualitas perencanaan dan pengelolaan serta mempercepat serapan APBDes dengan prioritas kegiatan yang mendorong percepatan pembangunan desa, pertumbuhan dan ketahanan ekonomi masyarakat desa. Meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa yang responsif, estraktif, regulatif, distributif dan kolaboratif serta senantiasa untuk tidak melanggar larangan.

“Untuk itu, kepada Kepalah Desa, aparatur dan pengurus kelembagaan desa, agar bisa mengikuti pelatihan dengan baik dan memahami materi-materi, agar nantinya bisa di implementasikan di desa masing-masing untuk memajukan desa,” ujar Tomsi.

Disamping itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Boltim, Rahman Hulalata mengatakan, ada 79 Desa, yang ikut dalam pelatihan ini terdiri dari Kepala Desa, Sekretaris Desa, ketua Badan Permusyarawatan Desa dan Ketua Lembaga Kemsyarakatan Desa.

“Jadi ada 4 utusan di setiap desa,” kata Hulalata ketika ditemui media ini di Hotel Sintesa Peninsula Manado saat memonitoring para Sangadi dan perangkat desa yang sedang mengikuti pelatihan.

“Masih ada 2 desa yang belum ikut, yakni Desa Togid dan Desa Molobog Timur, nanti akan diikutkan pada gelombang berikutnya,” tutur Hulalata.

Diketahui Kegiatan Pelatihan Bimbingan Tekhnis Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa yang digelar oleh Kemendagri, berlangsung selama 3 hari, sejak Kamis 21 September hingga Sabtu 23 September 2023.
(Adi Bawenti)

BERITA TERKAIT

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button